Tips Pemasangan Instalasi Air Bersih

Wavin Standard untuk air bersih

Instalasi air yang digunakan di dalam pembangunan rumah tinggal mempunyai beberapa ukuran dan type pipa PVC, tergantung dari keperluannya. Pada umumnya untuk Instalasi air bersih digunakan ukuran pipa PVC diameter 1/2″ dan 1″ tipe AW.

Pipa PVC 1″ tipe AW ini digunakan sebagai saluran induk air bersih dari tangki air atau PAM yang masuk ke dalam rumah, kemudian dicabang menggunakan pipa PVC 1/2″ menuju saluran titik-titik posisi kran dan sanitari. Akan tetapi ada juga yang menggunakan seluruh instalasi pipa saluran air bersih dengan diameter 1/2″, perbedaannya adalah kekuatan tekanan air yang keluar di masing-masing kran.

Sebaiknya, di dalam pemasangan instalasi air bersih dibuat dengan pembagian berdasarkan rencana jumlah kamar mandi yang akan dibangun. Untuk mendapatkan distribusi air yang lebih merata, buatlah paling tidak 2 saluran induk yang terpisah, yaitu untuk kamar mandi dan service area.

Untuk kenyamanan penggunaan air bersih, kamar mandi utama sebaiknya dibuat saluran tersendiri tanpa ada cabang dengan saluran air lainnya, supaya pada saat kamar mandi utama digunakan dan kamar mandi lainnya menyalakan kran, distribusi air bersih kekamar mandi utama tekanan airnya tidak berkurang.

Untuk jaringan sistem perpipaan air bersih bertekanan dan buangan Anda disarankan memilih Wavin Standar. Terbuat dari bahan uPVC yang memiliki banyak kelebihan dibanding material polimer lain, pipa Wavin Standar tahan terhadap korosi, kuat, ringan, mudah dalam penyambungan dan pemeliharaan.

Berikan kami pemikiran anda