Tips Memasang Instalasi Pipa Air Bersih

Wavin1

Kesempurnaan Anda tak akan lengkap bila air di dalam rumah tidak bersih, betul? Maka dari itu, keberadaannya sangat penting bagi keberlangsungan para penghuninya, baik itu Anda sendiri maupun anggota keluarga tercinta. Banyak sekali manfaat yang dapat dihasilkan dari air bersih, mulai dari mencuci, mandi, sampai untuk konsumsi sehari-hari. Maka dari itu, kebutuhan air bersih memang bertumpu pada instalasi pipa yang baik.

Merencanakan instalasi pipa air bersih, sudah semestinya dilakukan sedini mungkin agar proses distribusi air dapat berjalan lancar dan efisien. Hal pertama yang mesti dipastikan adalah sumber air. Ada dua sumber yang saat ini dinilai layak untuk kebutuhan rumah, yakni jaringan pipa PAM dan air tanah. Bila Anda telah mengetahui jenis sumber yang akan dipilih, memasang instalasi pipa pun lebih mudah.

Jika menggunakan sumber air PAM, maka Anda tinggal meneruskan jalur distribusi yang telah disediakan oleh pengelola PAM tanpa boleh memodifikasiinya. Beda halnya dengan air tanah yang mana Anda membuat sumur serta memasang pompa air sendiri sehingga memiliki kebebasan, namun akan kesulitan jika suatu saat kekeringan melanda.

wavin2

Setelah itu, pastikan mode instalasi. Ada dua tipe model instalasi pipa air bersih yang bisa diaplikasikan dengan menyesuaikan kondisi lapangan serta budget, yakni sistem tertutup dan sistem terbuka. Bila sistem tertutup menggambarkan bahwa seluruh ujung pipa tersambung tanpa memutus namun biayanya lebih mahal, beda halnya dengan sistem terbuka yang mematok biaya lebih murah namun sering mengundang permasalahan seperti debit air yang tidak sama antar kran hingga seringnya kerusakan pada titik tertentu.

Kemudian perhatikan letak instalasinya. Menurut prosedur, ada dua teknik pemasangan instalasi yakni model tertanam atau menempel. Model tertanam tentu lebih rapi karena ia dipasang dalam tanah atau dinding, meski akan sulit untuk dibongkar bila ada kerusakan. Sebaliknya, model menempel dipasang tanpa harus di dalam tanah atau dinding, namun terpampang jelas di luaran. Ini kadang mengganggu pemandangan, meski akan lebih mudah dirawat bila ada kerusakan tertentu.

asti

Yang terakhir adalah pemilihan bahan material. Untuk hal ini, Anda sudah tak ragu bukan, menggunakan pipa Wavin sebagai sistem perpipaan air bersih di rumah Anda? Dari sekian jenis pilihan yang ada, Anda dapat memilih Wavin Tigris Green sebagai salah satu solusi untuk instalasi alat-alat sanitari dan saluran higienis. Mulai dari air panas, plumbing, distribusi air minum & makanan cair, sampai rumah kaca, pipa jenis ini mampu mengakomodasi segala kebutuhan Anda.

Sila ikuti beberapa tips di atas, demi menciptakan instalasi air bersih dengan pemasangan pipa yang tepat. Karena jika air bersih sudah mengalir lancar di rumah Anda, maka kebahagiaan dari kesegarannya pun akan mengalir kepada para penghuninya.

*Diolah dari berbagai sumber

Berikan kami pemikiran anda