Mengatasi Kebocoran Pipa Kran

Delta's Touch20 Technology allows the user to turn the faucet on and off with just a tap (CNW Group/Delta Faucet Canada)

Setiap rumah pasti memiliki instalasi air karena air merupakan hal yang sangat vital bagi kehidupan kita sehari hari. Tidak ada kegiatan yang tidak melibatkan air, baik sebagai bahan utama ataupun bahan pembantu. Salah satu instalasi air yang paling penting adalah air kran. Air kran merupakan media paling praktis dalam menyalurkan air. Namun apa yang terjadi jika pipa kran bocor, air tidak akan mencapai wilayah output, yakni kenop kran. air tersebut akan terbuang sia-sia melalui areal pipa yang bocor. kebocoran pipa bisa terjadi karena adanya salah pasang pipa dan juga disebabkan oleh penyumbatan yang membuat lama kelamaan akan merusak pipa, Karena adanya perubahan tekanan pada air. Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara-cara mengatasi kebocoran pada pipa kran :

  1. Periksa dulu letak kebocoran

Dengan memeriksa letak kebocoran, akan dapat menentukan cara atau langkah apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Setelah itu beli bagian spare part yang rusak dan menggantinya dengan yang baru dan tentunya dengan kualitas dan ketahanan yang terpercaya.

  1. Perbaiki bagian pipa kran yang rusak atau menggantinya dengan yang baru

Tekadang Anda dapat menemui kran yang sudah aus sehingga sulit untuk dilepaskan. Jika menemui hal yang demikian, maka jangan paksakan hal tersebut, karena bisa patah. Hal ini tentunya akan berbahaya karena knee dart yang ada pada pipa secara otomatis juga harus diganti. Jika sudah begitu, Anda terpaksa harus membongkar ulang dan tentu saja hal itu akan menghabiskan biaya yang lebih besar.

  1. Selalu bersihkan pipa dengan teratur

Dengan membersihkan pipa secara teratur, kita dapat mengetahui kondisi pipa, apakah masih bagus atau harus diganti. Selain itu, kita juga mengetahui benda apa yang menyumbat pipa, sehingga kita dapat melakukan pencegahan. Dengan melakukan pencegahan, kita dapat menghemat biaya pengeluaran, karena apabila sudah rusak, maka biaya yang dikeluarkan juga tak sedikit.

  1. Gunakan pipa dengan kualitas terbaik

Untuk instalasi saluran air, selalu gunakanlah pipa dengan kualitas baik dan terpercaya. Wavin standard merupakan pipa PVC untuk sistem perpipaan dalam dan luar bangunan. Pipa Wavin terbuat dari bahan uPVC yang memiliki beberapa keunggulan, diantaranya: tak berkarat, kuat, tak mudah pecah, anti bocor, ringan dan mudah dalam penyambungan maupun perawatannya.

Referensi : Facebook

Komentar

  1. Jual rumah pontianak mengatakan:

    Tips yg bagus;, pipanya jg bagus nih….udah pernah pake dirumah…

    Siap do praktekan kalau ada eksidwn sirumah

Berikan kami pemikiran anda