Kiat Memasang Saluran Pipa di Rumah

Wavin

Satu hal yang tidak boleh dikesampingkan ketika membangun rumah adalah perencanaan jaringan dan pemasangan instalasi air bersih maupun air kotor. Ya, jangan sampai perhatian kita luput dari hal tersebut. Bila diabaikan, akan ada banyak masalah yang timbul seperti pipa bocor atau mampet. Apalagi jika bocornya terjadi di dalam tanah atau dinding, biaya untuk memperbaikinya pun bisa jadi mahal.

Merencanakan sistem perpipaan dengan matang dari awal harus dilakukan secara teliti dan cermat. Karena bukan hal yang mudah jika masalah (bocor/mampet) datang. Salah satu masalah seperti pipa bocor, umumnya terjadi pada sambungan pipa yang kurang baik. Ada banyak faktor yang membuat hal ini bisa terjadi, misalnya tak sengaja terpukul tukang batu atau bahkan lem yang kurang rekat. Jika memang itu masalahnya, maka penggunaan lem TRUGlue adalah hal yang wajib karena tak hanya merekatkan saja, tapi juga menyatukan (bersenyawa).

Pemasangan Pipa 2

Jika kebocoran sudah terlajur terjadi, cara mudah untuk mendeteksinya yaitu dengan  menghidupkan kembali pompa air lalu buka kran dengan skala kecil supaya tidak merusak pompanya. Tunggu sampai sekitar 5 menit, kemudian periksa lantai atau dinding yang dilalui pipa air tersebut. Jika terasa basah, maka di sekitar situlah kebocorannya. Segera perbaiki secepatnya agar tidak semakin parah.

Setelah itu, perhatikan pula pembagian jaringan pipa. Hal ini perlu dilakukan agar pembagian jumlah airnya merata. Hal yang menyebalkan adalah ketika kita sedang menyalakan air di kamar mandi, namun tiba-tiba daya semburnya mengecil karena ada yang menyalakan kran di tempat cuci piring. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pembagian sistem distribusi air yang kurang merata dan berimbang.

Wavin2

Agar lebih afdol lagi dalam membangun jaringan pipa untuk sistem distribusi air bersih, ada baiknya jika kita sudah memilah dan memilih pipa yang baik dan recommended untuk digunakan. Satu yang wajib dipakai adalah pipa Wavin dengan beragam standarnya, karena kualitas serta daya tahannya telah teruji. Setelah itu, buatlah jaringan pipa untuk air bersih dan kotor sebaik mungkin, agar sirkulasi air berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tengah memasang jaringan pipa di rumah

Berikan kami pemikiran anda