Hilangkan Bau Tak Sedap di Saluran Pembuangan Air

woman doing housekeeping

Salah satu efek samping dari saluran pembuangan air yang terseumbat adalah munculnya bau tak sedap yang menyebar di rumah Anda. Pada sebagian besar kasus, saluran pembuangan menjadi tersumbat ketika sisa makanan atau tumpukan rambut tersangkut di tengah perjalanannya di dalam pipa. Benda-benda tersebut lama-kelamaan bercampur dengan material lain, membusuk, menjadi sarang bakteri, dan melepaskan bau tidak sedap.

Kiat paling jitu untuk menanggulangi masalah ini salah membersihkan wastafel dapur dan kamar mandi secara rutin. Anda bisa manfaatkan bahan-bahan dapur seperti bubuk soda kue dan cuka untuk mengikis lemak, remah-remah makanan dan bau di dalam pipa air kotor. Agar lebih aman, Anda bisa gunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi saluran pembuangan air mampet, langkah-langkah yang bisa Anda terapkan, diantaranya:

  1. Tuangkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam saluran pembuangan yang mampet. Pastikan serbuk mencapai bagian yang menyumbat di dalam pipa.
  2. Tuangkan sekiranya dua cangkir air mendidih dan diamkan selama beberapa menit.
  3. Tambahkan satu cangkir bubuk soda kue ke dalam pipa dan langsung ikuti dengan satu cangkir cuka.
  4. Tutup lubang wastafel. Anda akan melihat buih dan mendengar gemuruh suara reaksi bahan-bahan tersebut. Jangan panik, ini pertanda baik!
  5. Ketika buih telah hilang, tambahkan dua cangkir air mendidih.

Selain itu, hal yang perlu diingat adalah, wastafel Anda bukanlah tempat sampah, jadi pikir ulang sebelum melempar segala sesuatu ke dalam lubang wastafel. Buang sisa-sisa makanan padat ke tempat sampah. Untuk wastafel kamar mandi, pertimbangkan penggunaan penyaring yang dipasang di lubang wastafel guna menghadang rambut yang bisa menyumbat saluran pembuangan air Anda. Selamat mencoba!

Referensi: cleanipedia.com

Berikan kami pemikiran anda