Backsplash Menarik dan Tidak Mahal

lem pipa pvc truglue

Membahas dapur di rumah memang tidak ada habisnya. Tidak hanya material dasar, namun jika design ruangan menarik maka anda bisa betah berada di dalamnya bahkan mungkin lebih semangat untuk memasak. Ada beberapa bagian dapur yang mungkin kita tidak tahu namanya seperti backsplash, apakah anda pernah mendengar atau mengetahuinya? Jika tidak, backsplash merupakan dinding diantara kabinet atas dan kabinet bawah di dapur. Biasanya dinding ini terletak dekat kompor (hob) atau bak cuci piring (kitchen sink) yang pada umumnya dilapisi oleh keramik, granit, kaca, atau stainless steel.

Fungsi backsplash pada dasarnya untuk melindungi dinding dari cipratan air ataupun uap. Pemilihan material atau design untuk backsplash tidak harus standard dan membosankan. Anda bisa membuatnya menjadi hal yang menyenangkan sesuai selera bahkan sesuai dengan koleksi anda. Bahan berukuran kecil jika diletakkan berdampingan maka hasilnya bisa saja mengejutkan anda. Bagian yang paling menarik adalah, selain kreatif, pemasangan backsplash menggunakan barang koleksi anda juga bisa menghemat biaya dibanding menggunakan marbel dan material lainnya. Berikut adalah 5 ide menarik untuk design backsplash di dapur anda:

  1. Tutup botol Wine

Jika anda senang mengoleksi tutup botol Wine, anda bisa menggunakannya untuk menutupi backsplash dengan memotong menjadi dua bagian memanjang. Selain unik dan jadi bermanfaat, anda bisa melihat koleksi setiap hari

  1. Domino

Dengan paduan warna hitam dan putih, tampilkan dapur anda seperti ruang bermain dengan menyatukan domino secara acak. Cocok sekali jika kabinet anda bernuansa abu-abu gelap.

  1. Tutup Botol

Tidak hanya menarik dan mudah ditemukan, tutup botol juga bisa menjadi design yang akan disukai oleh anak – anak anda.

  1. Tatakan Gelas

Jika anda suka mengoleksi tatakan gelas (coaster) dari berbagai kota yang unik, daripada koleksi menumpuk dan tidak digunakan, anda bisa memasangnya untuk backsplash ini. Dengan begitu anda akan selalu teringat akan kenangan saat mendapat tatakan gelas tersebut

  1. Piring

Pecahan piring yang berwarna/warni bisa membuat dapur anda bergaya vintage (klasik). Tentunya jika dipecahkan dengan sengaja, jangan lupa untuk masukkan terlebih dahulu piringnya ke dalam kain agar tidak tersebar sisa belingnya.

Untuk memudahkan proses pemasangan, seluruh bahan tersebut ada baiknya di lem pada papan atau triplek terlebih dahulu sebelum dipasang di dinding. Jenis papan dan lem harus disesuaikan dengan bahan yang akan anda gunakan agar kuat setelah direkatkan, biasanya lem serba guna atau lem yang mengandung silikon transparan dapat digunakan dan mudah ditemukan.

Nah, sekarang anda sudah memiliki ide untuk memperindah dapur bukan? Design ini bisa membuat anda semakin semangat dan tidak bosan saat memasak atau mencuci piring. Jangan lupa, jika saluran air dekat kitchen sink anda ada kebocoran pada pipa atau sambungannya, lem pipa PVC TRUGlue bisa menjadi pilihan utama yang dapat anda gunakan. Lakukan dengan benar sesuai petunjuknya agar dapat merekat sempurna dan tahan lama, maka saluran air di dapur anda akan bebas dari kebocoran. Selamat berkreasi di dapur!

DSC_0283 (800x528)

Berikan kami pemikiran anda